Senin, 18 April 2011

Kiat bercinta, berusaha cocok

Setiap orang tidak mungkin sama pemikiran, tujuan, dan keinginannya. Masing-masing orang memiliki tujuan dan keinginan masing-masing, kebutuhan masing-masing, dan jalan fikiran masing-masing.
Begitu pula dalam kehidupan rumah tangga. Setiap orang dituntut untuk hidup bersama dengan orang yang sama sekali berbeda, baik dalam jenis kelamin, fisik, pemikiran, tujuan, dan keinginan. Namun justru persatuan manusia yang berbeda inilah, hidup semakin indah dan berarti. Coba bayangkan, jika kehidupan ini semuanya sama; yang diciptakan hanya laki-laki saja atau wanita saja; hanya sifat gentleman saja atau feminim saja, tentu kehidupan ini sangat membosankan. Betul nggak?
Meski demikian, ternyata banyak diantara pasangan suami-istri yang tidak mau ngalah alias mau menangnya sendiri. Bahkan terkadang ada yang tidak berusaha menyamakan persepsi. Padahal jika usaha menyamakan persepsi tidak dilakukan, sudah pasti kehidupan rumah tangga akan berantakan. Yang akan terjadi adalah percekcokan dan perdebatan yang tiada henti, demi mencari kemenangan atau demi mencapai tujuan masing-masing.
Keharmonisan rumah tangga tidak akan terbina kecuali masing-masing pihak menghormati keinginan pasangannya. Sedangkan pasangan suami-istri pasti memiliki pemikiran dan keinginan yang berbeda, dan masing-masing keinginan tidak mungkin tercapai dalam waktu bersamaan. Titik-titik persamaan diantara mereka harus digali dan dipadukan. Memang tidak mungkin ada persamaan sepenuhnya, akan tetapi bukan berarti beda seluruhnya. Karena itu, suami-istri harus menghormati pemikiran dan keinginan pasangannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar